Feb 26, 2015

Tips Menghindari Aksi Liar Begal Motor

Begal Motor Kian Marak, Berikut Cara Menghindarinya

Solutips! Semakin hari begal motor semakin marak, dan pembegal motor pun semakin sadis, mereka tidak segan-segan melukai para korbannya hingga ada yang sampai membunuh demi merampas motor. Hal ini sangat meresahkan, masyarakat menjadi semakin was-was ketika berpergian apa lagi disaat malam hari. 

Partisipasi masyarakat termasuk hal penting selain hal itu menjadi tugas penegak keadilan. Kalau kamu panik dengan aktifitas begal motor yang kian marak, berikut ini ada jawaban dari "bagaimana cara kita menghindari atau mengantisipasi hal tersebut terjadi?".

Usahakan Kamu Mengenali Dan Tau Daerah Yang Rawan Dengan Begal Motor
Coba deh cari tau daerah yang rawan dengan kejahatan khususnya begal motor di kota kamu. Dan apabila ada alternatif lain yang lebih aman dan ramai, alangkah baiknya jika kamu memilih jalur tersebut. Meskipun lebih jauh dari jalan yang seharusnya, tapi tentu itu untuk keselamatan kita juga kan? Seperti yang saya baca, daerah yang rawan dengan kejahatan malam kriterianya adalah jalur yang panjang dan penerangan yang sedikit, dan tentu di kawasan yang sepi.

Lihat Waktu Ketika Akan Berpergian
Untuk lebih aman, disarankan untuk menghindari waktu berpergian di malam hari, apa lagi terlalu larut malam. Hindari berpergian dijam yang keramaian udah mulai bubar. Jangan keluar rumah kalau bukan dalam keadaan darurat.a

Beramai-Ramailah
Kalau memang dalam keadaan darurat kamu harus berpergian di malam hari, alangkah baiknya kalau kamu pergi beramai-ramai (lebih dari 1 motor) atau kamu mencari keramaian. Karena pembegal motor ini sering berjalan secara berkelompok dijalanan dan sangat membahayakan ketika kamu berjalan hanya sendirian. 

Berhati-Hatilah, Tentu
Waspada kalau kamu akan melewati yang rawan, coba untuk lebih peka lagi dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Solusi agar terhindari dari begal motor yang mulai mencurigakan dan mengikuti kamu, jangan segan untuk teriak meminta tolong. Satu lagu, kalau kamu akan melewati daerah yang rawan, jangan mengendarai kendaraan secara pelan, cobalah untuk lebih cepat ketika akan melewati daerah rawan.

Beberapa waktu yang lalu, ada juga aksi begal motor yang berakhir dengan aksi duel dengan warga dan akhirnya dikeroyok warga setempat hingga akhirnya dibakar. Baca beritanya: klik disini.

Kita bisa aja menggunakan senjata untuk membela diri kita sendiri, tapi tentu itu akan jadi hal yang beresiko ketika mendadak ada razia aparat dijalan. Oleh karena itu, menjadi tugas aparat mengamankan jalan-jalan di perkampugan warga. Memperbanyak posko-posko keamanan dan rutin melakukan razia dan operasi tentu akan sangat membantu. Yaudah, sampai disitu aja solusi dan tips aman dijalan agar terhindari dari aksi marak begal motor. Semoga artikel ini membantu.

0 comments

Post a Comment