Feb 19, 2015

Tips Belanja Online Yang Aman


Solutips! Seiring berkembangnya teknologi maka kegiatan perdagangan di juga banyak yang melakukannya lewat internet atau secara online. Peradangan online ini memberi banyak manfaat untuk kehidupan sekarang karena banyak memudahkan. Tapi, banyak rumor yang menyatakan bahwa belanja online rentan dengan penipuan. 

Dan hal inilah yang membuat calon pembeli enggan melakukan transaksi jual beli online. Pembeli jadi merasa takut untuk melakukan belanja online, tapi untuk mencegah penipuan, sebaiknya kita tau tips aman belanja online agar terhindari dari ancaman tipu menipu di internet.

Tentu jika kita telah mengetahui tips berbelanja online sebelum belanja, kecil kemungkinan kita tertipu (meminimalisir kemungkinan tertipu).

Pertama yang harus diketahui sebelum melakukan belanja online, pilihlah toko online yang benar-benar resmi dan jelas. Karena, akan ada orang iseng yang sengaja membuat website toko online tapi website tersebut adalah website yang dimaksudkan untuk penipuan. 

Terkadang ada website yang menyediakan daftar pembeli dengan biaya transferan yang lengkap dan segala macam hal yang membuat kita yakin bahwa itu benar-benar terpercaya, jangan mudah tertipu dengan hal seperti itu, alangkah baiknya anda melihat track record websitenya terlebih dahulu. Seperti contoh toko online terpercaya yang sekarang telah dikenal seperti lazada, tokopedia, dll.

Kedua yang harus dilakukan adalah, jika anda melakukan pembelian jual beli online seperti di olx, kaskus, dll. Diharapkan agar lebih berhati-hati karena website tersebut kebanyakan menjual produk yang dari pribadi, dan jual beli online seperti ini rentan sekali dengan penipuan. Jika anda ingin membeli produk diwebsite seperti ini disarankan melakukan transaksi Cash On Delivery (COD) yaitu bertemu secara langsung dan melakukan transaksi langsung.

Jika melakukan transaksi secara COD, tentu pembeli dan penjual masih berada dalam daerah yang sama dan dekat. Disarankan lagi untuk menghindari transfer uang terlebih dahulu lalu barang belakangan jika anda dan penjual berada dalam jarak yang jauh. 

Kesimpulannya adalah, jika anda ingin melakukan belanja online pilihlah website yang tepat, selidiki dan ketahui dulu asal muasal kebenaran dan tentang kepercayaan website tersebut. Kedua, jika ingin melakukan belanja online yang sifatnya seperti ciri-ciri kedua diatas, lakukanlah COD (cash on delivery) tujuannya agar kepercayaan jadi lebih baik dan anda bisa langsung melihat kondisi barang yang hendak dibeli sebelum melakukan transaksi.

Dan demikian solusi dan tips belanja online yang aman agar terjauhkan dari ancaman penipuan di internet. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment