Feb 12, 2015

Cara Aman Membersihkan Sensor Kamera DSLR


Solutips - Sensor kamera adalah komponen terpenting yang ada pada kamera Digital Single-Lens Reflex atau yang biasa disingkat dengan DSLR. Sensor kamera merupakan sensor penangkap gambar yang dikenal sebagai CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide) yang terdapat jutaan piksel.

Pernahkah kalian mengalami hasil jepretan kalian terdapat bintik-bintik atau ada beberapa hal yang tidak kalian harapkan ada dalam hasil jepretan tersebut, kemungkinan besar sensor kamera DSLR kalian terkena debu atau sudah berjamur.

Dan untuk membersihkan sensor kamera DSLR kalian yang terkena debu atau jamur, berikut tipsnya.

Persiapan Diri
Langkah ini adalah yang penting, sebelum memulai proses pemberihan sensor kamera, kamu harus memastikan dulu bahwa kamu memahami betul bagaimana proses kerjanya dalam membersihkan sensor kamera.

Karena jika kamu merasa tidak nyaman dengan apa yang akan kamu lakukan itu, segera bawa kamera DSLR kamu ke tempat perbaikan kamera terpercaya untuk mencegah hal yang tidak di inginkan terjadi.

Tempat Yang Bersih
Ketika kamu sedang membersihkan sensor kamera, pastikan kamu berada ditempat atau lingkungan yang bersih, bebas debu. Dan tentu alat-alat yang kamu gunakan juga bersih. Karena jika kamu tidak menemukan tempat seperti ini, sebaiknya jangan melakukannya karena sama saja itu akan memperburuk keadaan sensor kamera kamu.

Perhatikan Partikel-Partikel Kecil
Ketika kamu sedang membersihkan sensor kamera, coba perhatikan alat pembersih yang kamu gunakan, pastikan alat tersebut bersih. Karena, partikel sekecil apapun, berpengaruh dan berpotensi menyebabkan goresan pada sensor.

Gunakanlah Alat Yang Khusus
Banyak kok toko pembersih sensor kamera yang menawarkan alat pembersih khusus, kamu bisa mempertimbangkan alat mana yang bisa kamu gunakan untuk menyederhanakan proses. Jangan gunakan sembarangan alat kalau tidak ingin memperburuk keadaan kamera DSLR kamu.

Pakailah Sikat Lembut
Kamu bisa pakai sikat lembut, yang lebih akrab dikenal namanya censor brush. Censor brush ini memiliki bulu yang lembut yg dapat menghilangkan partikel debu. Tapi, yang harus diingat jangan lupa untuk selalu membersihkan sikat ini setiap kali menghusap sensor.

Prosedur Censor Cleaning
Ketika kamu telah selesai melakukan pembersihan sensor kamera DSLR dengan cara manual, ada cara lain yang sebaiknya juga kamulakukan yaitu membersihkan secara otomatis. Gunakan prosedur pembersihan otomatis setiap kali kamu mulai atau setelah selesai menggunakan kamera DSLR.

Merawat membantu umur alat elektronik kamu menjadi lebih panjang umur. Dan itulah tips membersihkan sensor kamera DSLR dengan benar, semoga tips ini bermanfaat.

0 comments

Post a Comment