Dec 7, 2014

Solusi Untuk Kamu Yang Suka Menyontek

SOLUTIPS - Katanya kalau gak nyontek, gak gaul. Entah pernyataan dari mana yang menyatakan hal ini. Buat kamu yang punya kebiasaan menyontek dikelas saat ulangan berlangsung, kalau pernah terpikirkan dalam benak kamu "sampai kapan aku akan menyontek terus menerus". Berikut ini ada beberapa cara agar kamu agar perbuatan mencontekmu jadi berkurang saat ulangan berlangsung.

Persiapan Yang  Sudah Matang
Maksudnya kita itu sudah mempunyai bekal materi di dalam otak ini agar nanti dalam mengerjakan soal kita bisa lancar. Kalau persiapan sudah matang, mengapa mesti takut? Walau kadang2 juga soal ujian tidak pernah kita duga, yang membuat kita keringat dingin bahkan untuk 10 menit pertama saja.

Mencoba Untuk Tenang
Agar tenang apa yang harus kita lakukan?Gampang! Cukup baca bismillah dengan iakhlas dan tulus. Karena hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Segala sesuatu yang dimulai dengan basmalah pasti dapet berkah deh. Amiin.

Jaga Konsentrasi
Biasanya setelah ita mendapatkan lembar soal .kita selalu rusuh duluan, kita selalu ripu duluan, langsung keringat dingin kalau liat soal itung-itungan. Justru kalau kita sudah menerima lembar soal hal pertama yang kita lakukan adalah yaitu tadi membaca basmallah. Dan tanpa menungu lebi lama lagi kita langsung mengerjakan soal tersebut. Biasakan kerjakan yang mudah terlebih dahulu. Jangan terpengaruh oleh teman2 kita yang keluar cepat.

Ingat-ingat Akibatnya Kalau Kamu Ketahuan
Kalau kita ketahuan guru pasti langsung mati gaya, bingung mau jawab apa kalau ditanya. Biasanya sih ditegur dan disuruh nulis berita acara. Isinya ga jauh-jauh dari “saya melakkan kesalah saat ujian” atau "saya berjanji tidak akan mencontek lagi" dan biasanya berakibat pada menurunnya (atau bahkan hilang/dianggap ga ada/si lembar jawaban langsung dirobek ditempat) nilai mata ujian yang bersangkutan untuk kita.

0 comments

Post a Comment